Widget HTML Atas

Sedikit Tips Biar Bisa Hidup Hemat

Sedikit Tips Biar Bisa Hidup Hemat
Wahahaha siapa disini yang suka membiasakan diri hidup boros??? Aku paham betul karena sewaktu kuliah suka di los segala pengeluaran selalu diganti wkwkwkwk pernah juga kan kalian merasakan hal semacam itu? Tapi masa iya kalian akan merasa nyaman dengan keadaan seperti itu? Gimana kalo kita belajar mengubah mindset meskipun ada uang yang masih bisa kita belanjakan.

Menurut aku nih yang sekarang lagi belajar untuk berhemat belanja boleh saja asal tau mana yang kebutuhan mana yang keinginan tapi memang sedikit susah untuk membedakan ini makannya kita perlu membiasakan diri. Oh iya ada beberapa tips dari aku yang mungkin bisa kalian terapin oke aku akan mulai dari yang paling ampuh untuk mengurangi belanja kalian yang selalu los. 

Tips ke-1
Cobalah untuk berjualan entah itu produk kalian sendiri, reseller, atau jualan pulsa dsb. Waktu itu bisnis pertama yang aku bangun adalah jualan minuman wkwkwkk. Mungkin sebagian orang akan gengsi ya untuk memulai apalagi kita selalu diberi (orang tua). Itupun yang aku rasakan saat itu akhirnya aku memutuskan untuk membeli mesin sealer dan berjualan minuman tapi aku titipkan di beberapa kantin disekitar kampus yaa risikonya tau sendiri kan harus bangun lebih awal hehehe. Dari situ aku lumayan mikir kalo mau beli beli sesuatu karena aku harus jual sekian gelas minuman untuk beli sesuatu, tapi menurutku itu efektif sekali jadi waktu itu uang saku yang kudapatkan dari orang tua masih utuh setiap bulannya.

Tips ke-2
Kalian sebaiknya segera deh hapus itu marketplace wkwkwkkw karena membuat mata kita geli dan ada rangsangan dari jiwa raga untuk segera membeli produk itu. Marketplace juga bahaya loh buat kalian yang suka mager-mager di kamar kos tiba-tiba belanja aja. Hayooo ingat lagi kita harus bisa membedakan mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Kalo kita terus melihat marketplace kita tentu saja tergiur oleh diskon saat ini padahal belum tentu produk itu benar – benar diskon.

Tips ke-3
Segeralah membuka tabungan emas hehehe kenapa aku bilang seperti itu karena harga emas antam yang kalian beli di pe*adaian hehe tau kannnn!! Harganya mulai 5000 rupiah dan ketika kalian jual harga akan terus naik sesuai dengan harga emas saat itu. Kalian bisa jual sewaktu-waktu jika perlu dengan kebiasaan menabung pasti kalian akan gemas jika ada uang menganggur di atm pasti kepikiran ingin menabung soalnya uang yang didiamkan bisa menjadi lebih banyak. Untuk kalian yang paham tentang reksa dana juga boleh untuk mencoba menginvestasikan uang kalian disitu karena caranya gampang gak ribet dan hasilnya jauh lebih banyak dari investasi emas.

Tips ke-4
Wkwkkw nulisnya sambil ketawa nih maaf yaaa soalnya sedikit lucu menurutku banyakin dzikir yaaa karena diluar sana banyak sekali godaan entah kita memang masih dalam zona nyaman yang boros, atau tiba-tiba teman ajakin belanja pokoknya semua itu tergantung niat dari pribadi masing-masing ingat yaaa kita harus berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian hihi...

Terimakasih yang sudah membaca artikel ini jangan lupa kalian berbagi cerita tips hemat ala kalian juga di komentar, siapa tau aku juga bisa berproses dari cerita kalian hehehe.
erisahhh
erisahhh Cantik dan baik hati